Honda beat adalah salah satu motor matic keluaran honda yang sekelas dengan yamaha mio j dan Suzuki nex , spesifikasi, body dan harganya pun hampir setara satu sama lain. Tapi honda beat belum beralih ke sistem injeksi seperti yang di alami mio j, ya betul honda beat masih tetap menggunakan karbu untuk sistem bahan bakarnya.
Sedikit bercerita tentang sambutan warga jepara mengenai honda beat, awal peluncuran motor ini sebetulnya kurang mendapat sambutan baik dari masyarakat jepara pada saat itu, karena memang saat itu yamaha mio masih lebih populer dari honda beat itu sendiri. Selain itu juga dulu sempat beredar kabar dari dunia penjualan sepeda motor di jepara bahwa harga jual kembali dari honda beat tidak begitu bagus di jepara, hal itu mungkin yang menyebabkan kurang di minatinya honda beat pada saat itu.
Entah mulai sejak kapan, selang beberapa tahun dari lounching honda beat, tiba tiba penjualan honda beat menjadi meningkat, banyak dealer honda sampai kehabisan stock dan mengharuskan konsumen inden dulu untuk pembelian honda beat ini. Mungkin masyarakat jepara sudah pada jenuh dengan mio yang sudah lama tidak mengalami perubahan yang mencolok pada saat itu.
Jika dari pembaca ada yang ingin mengetahui spesifikasi dari honda beat, berikut saya sertakan spesifikasinya,
Dimensi
- Panjang 1,859 mm
- Lebar 676 mm
- Tinggi 1,053 mm
- Bearat kosong 89,3 kg
- Suspensi depan Teleskopik
- Suspensi belakang lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
- Ukuran ban depan 80/90-14 M/C 40P
- Ukuran ban belakang 90/90-14 M/C 46 P
- Rem depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
- Rem belakang tromol
- Tipe mesin 4langkah SOHC
- Sistem pendinginan udara dengan kipas
- Diameter langkah 50 x 55 mm
- Volume langkah 108 cc
- Perbandingan kompresi 9,2 : 1
- Daya maksimum 8.22 PS / 8.000 rpm
- Torsi maksimum 8,32 N.m (0.85 kgf.m) / 5.500 rpm
- Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
- Starter Electric starter & kick starter
- Busi ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
- Kapasitas tangki bahan bakar 3,5 liter
- Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,7 liter pada penggantian periodik
- Transmisi Otomatis, V-Matic
- Aki MF battery, 12 V – 3 A.h
- Sistem pengapian DC – CDI, Battery
- Karburator VK22x1
Blogger Comment
Facebook Comment